Minggu, 13 Januari 2013

Mengetahui Perbedaan CMYK Dengan RGB

Apa sih perbedaan  CMYK dengan RGB, Mungkin kalimat tersebut sering terlintas di benak anda saat sedang melakukan desain cetak banner melalui Photoshop apalagi bagi yang pemula.:)
Oke kali ini saya akan membahas tentang perbedaan dan persamaan tersebut, CMYK adalah singkatan dari Cyan-Magenta-Yellow-blacK dan biasanya juga sering disebut sebagai warna proses atau empat warna. CMYK adalah sebuah model warna berbasis pengurangan sebagian gelombang cahaya (substractive color model) dan yang umum dipergunakan dalam pencetakan berwarna. Jadi untuk mereproduksi gambar sehingga dapat dicapai hasil yang (relative) sempurna dibutuhkan sedikitnya 4 Tinta yaitu: Cyan, Magenta, Yellow dan Black. Keempat tinta tersebut disebut Tinta / Warna Proses. Tinta Proses adalah tinta yang dipergunakan untuk mereproduksi warna dengan proses teknik cetak tertentu, seperti offset lithography, rotogravure, letterpress atau sablon. Berbeda dengan Tinta yang hanya digunakan satu lapisan (single layer), karena tinta yang digunakan dapat ditumpuk-tumpuk, maka sifat tinta proses harus memenuhi standard tertentu, seperti spesifikasi warna (dalam model warna CIELab) dan nilai Opacity/Transparency. biasanya penggunaan CMYK digunakan saat mencetak (printout) sebuah banner, dengan menggunkan CMYK maka  hasilnya printout bannernya akan sesuai dengan warna disaat anda mendesain gambar di photoshop.
Contoh Kombinasi Warna CMYK



Lain lagi dengan RGB adalah singkatan dari Red - Blue - Green adalah model warna pencahayaan (additive color mode) dipakai untuk "input devices" seperti scanner maupun "output devices" seperti display monitor, warna-warna primernya (Red, Blue, Green) tergantung pada teknologi alat yang dipakai seperti CCD atau PMT pada scanner atau digital camera, CRT atau LCD pada display monitor.

Apabila (Red - Blue - Green) ketiga warna tersebut dikombinasikan maka terciptalah warna putih inilah mengapa RGB disebut ‘additive color’ atau bahasa kerennya ‘warna pencahayaan’.  Warna RGB merupakan prinsip warna yang digunakan oleh media elektronik seperti televisi, monitor komputer, dan juga scanner. Oleh karena itu, warna yang ditampilkan RGB selalu terang dan menyenangkan, karena memang di setting untuk display monitor, bukan untuk cetak, sehingga lebih leluasa dalam bermain warna. Tapi bukan berarti RGB bebas masalah karena tampilan warna RGB akan selalu terikat dengan kapasitas/kemampuan grafis computer yang menyandangnya. Jadi apabila komputer yang kita pakai mempunyai graphic card yang bagus serta monitor LCD, maka tampilan warna RGBnya akan jauh lebih bagus dibanding monitor tabung dengan graphic card yang biasa-biasa saja.
dalam penggunaannya RGB biasanya digunakan hanya didisplay (tampilan monitor saja) seperti pemberian warna dasar header sebuah blog/website. 
Apabila anda inging membuat gambar yang akan di printout sangat tidak disarankan menggunakan RGB karena warna yang di cetak akan berbeda dengan warna saat mendesain gambar di photoshop.

0 komentar:

Posting Komentar